Nasaruddin Umar: Dunia Islam Kehilangan KH. Hasyim Muzadi


Zadashare - Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar mengatakan dunia Islam internasional merasa kehilangan atas wafatnya tokoh Islam Indonesia KH Hasyim Muzadi yang mengembuskan napas terakhir, Kamis (16/3) pukul 06.15 WIB di Malang, Jawa Timur.

"Bukan hanya Indonesia yang kehilangan, tapi dunia Islam internasional kehilangan. Karena Pak Hasyim Muzadi ini tokoh dunia Islam internasional," kata Nasaruddin di rumah duka kompleks Pondok Pesantren Al-Hikam Kukusan Beji Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3).

Dia bercerita bahwa mendapat pesan singkat dari tokoh-tokoh Islam luar negeri yang turut berbela sungkawa atas kepergian almarhum Hasyim Muzadi.

Nasaruddin mengungkapkan bahwa negara-negara Islam di Timur Tengah sudah mengetahui kabar wafatnya Hasyim yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

"Timur Tengah sudah tahu KH Hasyim wafat, dan mereka menitipkan salam kepada saya," kata dia.

Nasaruddin yang pernah menjadi wakil Menteri Agama periode 2011-2014 mengisahkan peran Hasyim Muzadi yang pernah menjembatani persoalan antara kelompok muslim Myanmar dan pemerintahannya.

Selain itu Nasaruddin juga menjabarkan mengenai peran Hasyim di Afghanistan hingga terbentuk organisasi Islam bernama Nahdlatul Ulama Afghanistan yang hampir sama dengan NU di Indonesia.

"Bahkan di Afghanistan. Di Afghanistan itu ada NU Afghanistan, anggaran dasarnya hampir copy paste dengan NU di sini. Karena memang masyarakatnya kebetulan sunni seperti di Indonesia," kata dia. (Akurat)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar